Klasifikasi sepeda gunung berdasarkan suspensi:
- Fully Rigid : Sepeda gunung yang tidak ada suspensi sama sekali. Sempat populer di tahun 80-90an terutama merk Federal.
- Hardtail : Jenis ini hanya memiliki suspensi di depan. MTB tipe ini sangat efisien dipakai di medan tanjakan. Cocok untuk kondisi jalan tanah rata-rata & medan cross country.
- Full Suspension/Dual Suspension : Biasa disingkat fulsus. Memiliki suspensi depan dan belakang. Tipe ini nyaman dipakai pada kondisi jalan tanah, berbatu, atau jalan tidak rata. Tidak efisien untuk jalan menanjak rata karena efek tolakan balik akibat rantai mengendor atau mengencang pada saat suspensi belakang mengayun atau sering disebut efek bobbing. Sistem suspensi juga beberapa macam, seperti single pivot point, four bar linkage dan yang paling modern virtual pivot point yang sangat bagus meredam efek bobbing. Sekarang sudah ada fitur lock untuk mematikan suspensi sehingga kayuhan menjadi efisien.
Kalsifikasi sepeda gunung berdasarkan fungsi:
- Cross Country (XC) : Dirancang untuk lintas alam dan didesain agar efisien & optimal pada saat mengayuh & menanjak. Mempunyai rentang harga paling lebar, dari satu jutaan sampai hingga puluhan juta rupiah. Kebanyakan XC berjenis hardtail namun dengan berkembangnya teknologisuspensi belakang, membuat efek bobbing semakin kecil bahkan bisa di kunci, kini sepeda XC juga banyak dilengkapi dengan suspensi belakang. Bobot sepeda XC berkisar 9-14 kg dan dirancang untuk memakai suspensi depan dengan travel 6-10 cm.
- All Mountain (AM) : Disebut juga enduro atau trailbike. Dirancang untuk lintas alam berat, seperti naik turun bukit dan keluar masuk hutan. Hampir semua AM bertipe fulsus. Perbedaan dengan XC fulsus adalah travel suspensi belakang AM fulsus lebih panjang. Berat antara 14-16 kg dengan travel suspensi depan hingga 15 cm.
- Freeride (FR) : Dirancang untuk mampu bertahan menghadapi drop off (lompatan) tinggi, tapi tidak secepat dan selincah AM karena bobot lebih berat. Travel suspensi sangat panjang, yaitu 16-20 cm. Bobot mencapai 16-23 kg. Hampir sama dengan spesifikasi downhill sehingga juga dapat dipakai untuk turun bukit.
- Downhill (DH) : Dirancang untuk dapat melaju cepat, aman dan nyaman menuruni bukit dan gunung. Mampu menikung dengan stabil pada kecepatan tinggi. Bentuk mirip FR tapi DH tidak mengutamakan kenyamanan mengayuh karena hanya dipakai untuk turunan. harga mencapai puluhan juta rupiah. Suspensi depan bertravel 16-20 cm dan bobot 18-23 kg.
- Dirtjump (DJ) : Nama lainnya urban MTB. Selain dipakai sebagai alat transportasi kota juga dipakai untuk atraksi lompatan, menaiki anak tangga dll. Fungsinya mirip BMX tapi dengan bentuk yang lebih besar. Berat 13-18 kg.
* Sumber: Buku “Bicycling for Fun” karya Bayu Why.
Mountain Bike Anatomy:
Keterangan:
- Toptube
- Saddle
- Seatpost
- Seatstay
- Seatclamp
- Seattube
- Cassette/freewheel
- Rear Deraileur
- Chainstay
- Chainring/crank
- Pedal
- Downtube
- Spoke
- Rim
- Discbrake/rotor
- Rotor
- Tire
- Suspension fork
- Headtube
- Shifter
- Handlebar
- Stem
MTB Suspension Fork Anatomy:
Thank’s artikelnya, skrg sy jd tahu jenis2 MTB
No problem. Senang bisa membantu.
untuk yang mau rental sepeda, rental aja sepeda ke My Bike di jalan jalaprang, no. 3 Sukaluyu bandung. website my bike : http://www.rentalsepeda.com
thx ya, mdh2an informasi ini bermanfaat.
Arnold 0817 230 8338
kalo diliat secara fisik saja, bisa tau perbedaan antara Hardtail XC – Hardtail AM dari apanya ya…?
Kalau dilihat secara fisik saja, paling gampang dibedakan di travel atau jarak main suspensi fork depannya. Travel fork ini bisa diukur di bagian stantion tube / inner leg suspensinya.
Hardtail XC panjang travelnya antara 80, 100 atau 120mm.
Hardtail AM / trail panjang travelnya antara 140-160mm.
Untuk fulsus AM bisa lebih panjang lagi sampai 180mm.
Semoga membantu…
Happy goes!
[…] Sumber : mtbgoes […]
Terima kasih artikelnya bagus ,
Terima kasih juga… 🙂
thanks artikelnya.. bagus, simple, lugas dan mudah dipahami. sedikit saran, akan lebih baik jika ada sedikit keterangan/penjelasan mengenai masing-masing komponen anatomi mtb.
salam gowes…
Thanks!
Ok…artikel untuk masing2 komponen sedang saya kumpulkan.
Sekali lagi thanks banget masukannya. 🙂
[…] Sumber : mtbgoes […]