Harga parts MTB dibawah 200ribu

12 04 2011

Bagi yang ingin merakit sepeda MTB  atau yang ingin mengganti komponen MTB yang sudah rusak tapi dengan budget terbatas, ini ada beberapa info parts MTB dibawah Rp. 200 ribu  yang sering direkomendasikan toko atau teman, saya kutip dari majalah RideBike edisi April-Mei 2011, semoga bermanfaat :

BAN :

  • Maxxis : kisaran harga Rp. 160 – 200 ribu
  • CST : kisaran Rp. 120 – 150 ribu
  • Kenda : beberapa tipe dibawah Rp. 200 ribu

STEM dan HANDLEBAR :

Kalloy (sekarang Uno),  Zoom & Amoeba sering dianjurkan untuk budget dibawah 200ribu. Amoeba yang paling mahal dibanding yang lain dengan Rp. 180 ribu untuk stem & handlebar sekitar Rp. 190 – 200 ribu.

Alternatif  lain menggunakan stem dan handlebar pabrikan Polygon, United atau Nuke Head (rilisan Wim Cycle). Bahan juga sudah menggunakan aluminium 6061. Dengan Rp.180 ribu sudah bisa membawa sepasang stem dan handlebar

SEATPOST :

Ketiga merk diatas juga mempunyai produk seatpost dengan harga yang tidak berbeda jauh satu sama lainnya, yaitu antara Rp. 80ribu – 150ribu tergantung dari ukuran dan model. Amoeba dengan bahan yang sama berkisar Rp. 180 – 200 ribu. Perlu diingat untuk selalu mencocokkan ukuran seattube dengan seatpost yang akan dibeli. Dan jangan lupa patuhi batas maksimum seatpost.

SEATCLAMP :

Merk Sapience, Token, MJ dan Zoom mudah didapatkan dipasaran dengan warna menarik dengan kisaran harga Rp. 100 ribu. Sesuaikan dengan jenis, apakah clamp-on (perlu kunci L atau Allen key untuk membuka) atau dengan quick-release. Jangan lupa juga sesuaikan dengan ukuran seattube.

SADEL :

Salah satu komponen sepeda yang paling sering diganti dengan alasan kenyamanan. Merk Vello yang paling populer dengan banyaknya tipe yang beredar dengan harga dibawah Rp. 200 ribu. Apabila ingin mencari yang mempunyai bantalan empuk, pertimbangkan merk ini karena beberapa tipe sudah mempunyai lapisan gel dan tag plush. Vello juga memiliki model tipis disertai paduan carbon look.

Merk Prologo juga mempunyai desain seperti Vello yang untuk tipe tertentu harganya dibawah Rp. 100 ribu

Selain itu yang menyukai sadel tipis model sepeda balap bisa melirik Selle Royal Setta.  Harga paling top Rp. 200 ribu.

Dan untuk yang mementingkan penampilan bisa melirik WTB Speed V yang handal dalam desain. Harga Rp. 215 ribu

RANTAI :

Ada tiga tipe yang sering direkomendasikan: KMC z 9000, Shimano HG 53 dan Shimano HG 73. Ketiga rantai ini untuk yang masih menggunakan 9 speed. KMC dan HG 53 mempunyai kualitas yang hampir sama. Sering dipakai sebagai rantai standar fullbike pabrikan. Namun kedua rantai ini cepat karatan sehingga perawatan harus lebih diperhatikan. Sedangkan HG 73 mempunyai bobot yang lebih ringan dan lebih tahan karat. Harga KMC z 9000 & Shimano HG 53 di kisaran Rp. 120 ribu sedangkan Shimano HG 73 di kisaran Rp. 140-180 ribu.

ROTOR, ADAPTOR, CABLE STOP dan BAUT-BAUT ROTOR :

Rotor merk Bengal atau Quad mempunyai koleksi warna-warni sampai ke adaptor disknya. Bisa juga mix and match warna rotor dengan bautnya. Tapi sayangnya hanya untuk hub atau free hub 6 bolt. Harga di kisaran Rp. 175 ribu.

Cable stop juga bisa warna warni dengan produk Jagwir yang harganya tidak lebih dari Rp. 10 ribu saja

PEDAL :

Flat pedal dengan pin-pin tajam murah meriah yang sering direkomendasikan adalah merk Wellgo.  Harga di kisaran 150 – 180 ribu. Juga ada Folker, produk Bandung, yang bermain dikisaran harga itu.

Yang ingin memakai cleat, ada merk yang paling murah di pasaran, Shimano PD 520. Sayang hanya tersedia model single release, sehingga newbie harus ekstra hati-hati kalau ingin menggunakan pedal jenis ini. Harga di kisaran Rp. 220 ribu. Produk lama, PD 505 harga di kisaran 190 – 200 ribu.

GRIP :

Banyak grip lock-on yang mempermudah lepas pasang dari handlebar dengan harga dibawah Rp. 200 ribu yang beredar di pasaran. Contohnya Venzo, WAB, FSA Gravity, Polygon, United, Mortop dan Token. Grip-grip ini mempunyai warna warni di list sehingga bisa dipadu padankan dengan warna frame. Kisaran harga grip-grip ini Rp. 70 – 190 ribu. Atau ingin yang lebih ber ‘merk’, dengan menambah Rp 10 – 30 ribu merk terkenal ODI sudah bisa dibawa pulang.

HEADSET :

Bila ingin mencari headset yang mempunyai warna anonized, bisa mencari merk Token Omega A3 atau Neco. harga di kisaran Rp 100 – 150 ribu. Yang perlu diingat, perhatikan headtube frame kita, apakah sudah tipe integrated, tappered atau mungkin masih model lama yang belum oversized


Actions

Information

One response

17 01 2012
Anom Harya

Nice post om. Cocok jadi bacaan goweser dengan kantong cekak seperti saya. Terima kasih sudah berbagi informasi🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: