Finally I’ve got my dream MTB

28 03 2011

Setelah kecewa karena gagal merakit sepeda yang sudah saya rencanakan, akhirnya saya berencana untuk kembali mencari frame lain selain frame Dominate yang bisa memakai v-brake. Sebelum pulang saya iseng jalan-jalan dan mencari-cari lagi frame yang cocok disekitar jalan Veteran Bandung. Dari keliling-keliling saya sempat naksir frame Folker warna silver yang harganya kurang lebih sama dengan frame Dominate. Tapi karena masih ingin mencari pembanding akhirnya saya mencari di toko-toko yang lain. Setelah hampir semua toko di jalan Veteran saya kunjungi, dari info tukang parkir saya diarahkan ke toko sepeda di jalan Naripan, Bandung, iseng saya pun berkunjung kesana.

Ternyata toko sepeda itu distributor merk-merk luar negeri seperti Scott, Folker, Cannondale, yang setahu saya termasuk sepeda-sepeda mahal. Dalam hati saya pikir cuma ‘cuci mata’ saja karena pasti saya tidak sanggup membeli. Setelah masuk dan melihat-lihat, mata saya tertuju ke sepeda-sepeda yang ada tulisan ‘Sale’. Saya mengamati sebuah full bike MTB Scott keren yang ternyata setelah diskon harganya menjadi Rp 3,7juta dari harga jual yang 4,9juta. Wow! Ternyata ada juga Scott asli seharga  tiga jutaan! Ya, Scott Aspect 60. Seketika saya langsung naksir.

Scott Aspect 60 2010

Menurut info dari penjaga toko, frame Scott terkenal bagus, karena kayuhan langsung dibebankan ke putaran crank tanpa ada tekanan pada roda depan (terus terang saya juga ga ngerti). Scott Aspect 60 ini merupakan tipe yang terendah dari keluarga Aspect. Groupset masih campuran Shimano Altus 21 speed. Rem juga masih menganut v-brake. Sepeda ini didiskon karena model 2010, sementara model 2011 sebentar lagi masuk jadi menghabiskan stok 2010, dan kebetulan tinggal satu. Saya disarankan untuk membeli Cannondale five yang dipajang disebelah, harganya juga didiskon menjadi Rp. 4,7juta, spesifikasinya jauh lebih bagus dari Scott Aspect 60. Sudah disc-brake, groupset campuran Shimano Alivio 24 speed, fork sudah ada lock-nya, pilihan warna frame juga banyak, dari hitam, hijau, putih, kuning dll. Keren sih…tapi harganya jauh dari budget saya yang cuma Rp 3jutaan.

Cannondale five

Setelah menimbang-nimbang penuh dilema, saya pun mencoba meminta pendapat teman-teman. Dan akhirnya karena budget terbatas, saya memutuskan untuk melupakan Cannondale, dan mengambil full bike Scott Aspect 60 2010 pada tanggal 17 Februari 2011. Cihuy!

My fresh Scott Aspect 60

Tapi karena waktu itu naik motor, saya tidak bisa langsung membawa pulang. Besoknya tanggal 18 Februari 2011, dengan ditemani istri, saya membawa mobil dan akhirnya bisa angkut Scottie baru saya ini ke rumah.

After waiting about three years, now I have mountain bike!

One of my dream come true, thanks God!


Actions

Information

11 responses

3 06 2011
bumi

om sy juga naksir frame (bukan fullbike) scott aspect 45, rencana mo rakit. Ini sy juga dari dominate,
bisa dijelaskan gk om, klo misal mo rakit speknya apa aja? dari dominate 010 apanya aja yg bisa dipake di scott aspect 45?
trus arti aspect 45 itu apa?
thx ya om, ini sy bookmark dulu, ditunggu ya jawabannya…

4 06 2011
martin

Hallo mas Bumi!

Scott Bike mengeluarkan beberapa seri MTB sesuai dengan peruntukannya. Ada yang khusus untuk racing (Spark utk fulsus & Scale utk hardtail), All Mountain (Genius LT), Trail atau Cross Country (Aspect & Genius), Freeride (Voltage FR), Down Hill (Gambler) dan Dirt Jump/Street Bike (Voltage).
Tiap seri punya tingkatan masing2. Tingkatannya hanya perbedaan kualitas spesifikasi groupset, fork, shock, wheelset, brakeset dll. Tapi kualitas frame sama saja. Begitu juga Scott Aspect, punya tingkatan sendiri2 dan diberi kode angka dibelakang nama seri, seperti Aspect 10, Aspect 20, Aspect 30, Aspect 40, dsb. Semakin kecil angka, semakin bagus speknya. Misalnya spesifikasi brakeset di Aspect 40 sudah menggunakan discbrake mekanik, setingkat lebih bagus banding Aspect 50 yang masih memakai v-brake, tapi lebih rendah banding Aspect 30 yang sudah memakai discbrake hidrolik. Begitu juga gupset dll. Tapi frame tetap sama hanya beda grafis & warna.

Scott Aspect 45 kemungkinan masih model 2010 ya? Soalnya keluaran 2011, seri Aspect 40 tidak ada yang 45. Kalau tidak salah 40 & 45 itu cuma dibedakan di brakeset aja, 40 sdh discbrake, 45 msh v-brake.

Setau saya bisa aja kok parts2 domi dipindah ke frame Aspect. Tapi yang perlu diperhatikan ukuran seat tube. Mungkin bisa beda. Kalau di Aspect ukurannya 31.6mm. Kalau tidak cocok tinggal ganti seatpost saja. Frame aspect juga ada dudukan untuk v-brake & discbrake.
Spek kalau mau rakit sepeda disesuaikan dengan budget aja mas….saya sendiri kalau ngerakit sepeda prioritas saya lebih ke RD (minimal 8 speed), Crank, FD lalu brakeset (berhubungan dgn hub free hub). Yang lain mengikuti budget sisa.

Yang penting lagi jangan lupa perhatikan frame size nya mas…jangan sampai salah ukuran karena berhubungan dengan kenyamanan & efisiensi kayuhan. Kalau pilihannya Scott Aspect bisa cek size yang sesuai di official website scott bike.

Semoga membantu mas…
Happy gowes!

btw, ada bisa ikut membantu koreksi atau menambahkan? Thanks…

4 06 2011
bumi

wah penjelasannya maknyos!😀
thx om, sy msh newbie gk tau harus nambahin apa,
infonya sementara sy tampung dulu,
nanti kalo pengen tanya2 lagi, jgn kapok balas lagi ya om…
makin sreg pengen beli frame scott..
trims trims

6 06 2011
martin

no prob mas…
saya juga newbie kok…hehe…
infonya juga dari hasil baca2 & ngobrol dengan yang lebih ‘senior’
jadi sudah seharusnya saya berbagi info…

anytime mas Bumi!

happy gowes!

11 06 2012
Rigar

Saya mau jual frame scoot aspect 45 saya. . . masih baru,mau rakit sepeda gak jadi. . . dijamin msh baru.

Saya jual 700rb termasuk ongkir itu jg saya kasih bonus saddle seharga 100rb (baru) dan bb poligon. . . . tertarik ?

31 05 2014
assep

mas masih ada frame scot aspect 45..kalau ada dimana alamatnya…kalau gak ada bertahu dimana belinya…balas ke.083821856074..ato ke my mail..assepmuchtar@ymail.com
tunggu balasan

5 06 2014
martin

Alow mas Assep

Cari frame Scott Aspect yang tahun berapa mas? Tiap tahun beda di warna atau decalnya, atau bahkan bentuknya.
Posisi mas Assep dimana?
Kalau berani belanja online bisa cek ke bukalapak.com atau kaskus.
Btw ati2 cari frame Scott, banyak palsu atau generik.

11 06 2012
Rigar

kalau tertarik hubungi saya di no 085640865395 (call or text)

26 10 2012
edo

Toko yg jual sepeda merk scott tsb, alamat jelasnya dimana? Nama apa? Ada no telp? Makasih sebelumnnya..

28 10 2012
Edo

saya berencana mau beli scott scale 60 atau spark 60.. dimana bisa saya beli? bisa tolong infokan nama & alamat toko?

29 10 2012
martin

Coba ke TRB Bikes Shop jalan Naripan 114. Bandung
tlp.: 022- 4233024

Semoga mambantu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: