Rencana tinggal rencana

23 03 2011

Setelah dengan mantap memutuskan ingin merakit sendiri sepeda mtb, mulailah saya mencari informasi dimana toko-toko sepeda di sekitaran Bandung yang bisa mengakomodasikan keinginan saya. Mulai dari sepanjang jalan Veteran sampai di Cicaheum saya survei. Temen saya Ivan, mengantar saya ke toko dan bengkel sepeda langganan dia. Ternyata kalau mau membangun sepeda disana harus nunggu sampai sebulan lebih, karena sudah ngantri 26 sepeda yang belum dibangun, dan semuanya fixie. Karena sudah tidak bisa menunggu selama itu saya putuskan mencari bengkel sepeda lain. Thanks anyway Van!

Dan dari browsing internet & ngobrol dengan teman, saya mendapatkan beberapa info parts untuk membangun mtb buat yang punya budget ketat & cukup mumpuni untuk pemula:

– Frame United Dominate 011: Kebetulan harganya cukup bersahabat & modelnya masuk kehati

– Grup set Alivio minimal 24 speed tapi ada juga yang bilang Acera sudah mumpuni yang penting 24 speed

– Shock depan memakai RST Gila

– Tidak perlu disc brake, cukup memakai V-brake bisa menghemat uang cukup banyak

Part sisanya bebas, banyak pilihan yg bisa sesuaikan dengan budget. Ok! mari berburu.

New United Dominate 011

Dengan tekad semangat nan membara mulai lah saya ke toko-toko sepeda menanyakan harga. Ternyata setelah dihitung-hitung sama si empunya toko budget yang sesuai spek yang saya inginkan tidak bisa dibawah 3 juta, tetapi sekitar 3,2 juta sampai 3,3 juta. Itu juga gak bisa memakai grupset Alivio tapi campuran. Fork kebetulan yang murah kehabisan stok, adanya yang seharga 650ribu. RST Gila sekitar 350ribu. Sama yang punya toko disarankan untuk membeli full bike saja, karena merakit sendiri jatuhnya bisa lebih mahal. Di toko itu ada full bike yang seharga 2,8 juta grupset sudah alivio 24 speed tapi sayang saya gak cocok dengan model dan warna framenya. Akhirnya saya putuskan no problem budget lewat 200-300ribu yang penting puas.

Masalah gak sampai disitu…setelah persiapan mulai merakit, ternyata size frame yang M sudah habis, adanya size S aja…sedangkan ukuran badan saya pakainya size M, ntar kesempitan dong….ga jadi deh ngerakitnya.

Terpaksa pindah ke toko-toko sebelah…dan ternyata ada frame dominate 011 size M! Senangnya…Mulailah yang punya toko itu  hitung-hitung lagi mulai dari setang mau pakai yang berapa rupiah, sadel model bagaimana, v-brakenya pakai merk apa dll, tiba2 istri yang punya toko nongol dan nyeletuk “Frame dominate 011  ga bisa pake v-brake! Ga ada dudukannya, jadi harus pake disc-brake” Duar! Oh no! Setelah dihitung2 biaya ngerakit mtb frame dominate 011 ternyata bisa sampai 4 juta! Itu juga memakai grup set acera 24 speed. Argh…ini bukan over budget lagi kalo lewat sejuta! Hari itu ga jadi deh ngebungkus sepeda mtb dambaan pulang rumah….


Actions

Information

One response

17 06 2012
nasty

sabar bro!
ada saatnya pasti,tetap aja semangat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: