Long trip to get my first MTB

18 03 2011

Keinginan kembali bersepeda sudah ada sejak sekitar 3 tahunan yang lalu. Tetapi ternyata untuk membeli sepeda MTB yang cukup mumpuni membutuhkan dana yang relatif tidak sedikit. Akhirnya dana yang ada saya anggarkan untuk prioritas yang lebih utama:  menikah.

Ternyata setelah menikah istri langsung ‘isi’ dalam sebulan pernikahan. Akhirnya fokus utama pendanaan beralih ke urusan kehamilan istri sampai kelahiran anak. Setelah anak berusia 1,5 tahun, kebetulan diberi nafkah lebih (bonus kerjaan) oleh yang diatas, barulah saya mulai berani melirik & hunting sepeda MTB. Dengan menetapkan anggaran 3 juta rupiah untuk itu.

Proses pencarian MTB idaman juga gak gampang. Selain masih awam, ternyata banyak sekali pilihan di pasaran. Selain itu, bingung antara membeli fixed bike atau merakit sendiri, memilih frame hardtail atau full suspension. Karena buat saya MTB adalah barang mahal maka saya tidak ingin asal membeli. Akhirnya saya mencari info kemana-mana, baik lewat internet, beli buku tentang MTB, ngobrol dengan teman-teman yang sudah duluan menggeluti MTB sampai ngobrol dengan penjual-penjual sepeda.

Selain googling, info dari http://www.sepedaku.com juga saya baca. Juga dari blog-blog pribadi yang membahas MTB. Saya juga membeli buku ‘Bicycling for Fun’ karya Bayu Why yang enak dibaca & informatif, saya rekomendasikan buat pemula untuk membaca buku ini.

Saya mendapat masukan kalau untuk pemula sebaiknya memilih hardtail, karena selain harga yang masih bisa dibawah full suspension, juga lebih ringan dikayuh. Dan akhirnya saya memilih untuk merakit sendiri dengan alasan kepuasan pribadi. Dan yang pasti budget cuma 3 juta rupiah, tidak boleh lewat!


Actions

Information

Leave a Reply

